Cara Menulis Ordinal Number

free_ordinal_numbersAssalamualaikum wr wb

Kali ini gw mau sharing tentang ordinal number yang gw sendiri jga suka keliru sih.

Masih bingung nulis urut-urutan angka dalam Bahasa Inggris? Sebelumnya Ordiinal number itu adalah sebuah angka pendefinisian yang menyatakan posisi sesuatu dalam barisan.

Langsung aja ya :

Semoga list ini bisa membantu:

1st : first

2nd : second

3rd : third

4th : fourth

5th : fifth (Ingat! bukan fiveth!)

6th : sixth (dan 7th : seventh)

8th : eighth (Ingat! t-nya ga dobel!)

9th : ninth (Ingat lagi! e-nya ilang!)

10th : tenth (Ingat-ingat!)

11th : eleventh

12th : twelfth (Ingat! Asal katanya “twelve”)

13th : thirteenth (Ingat! Asal katanya “thirteen”)

14th : fourteenth (Ingat! Meskipun asalnya “four”, kalau di angka 40 jadinya “forty”)

15th : fifteenth (Ingat! bukan fiveteenth!)

16th : sixteenth

17th : seventeenth

18th : eighteenth

19th : nineteenth (Ingat terus! e-nya balik lagi!)

20th : twentieth

Mulai dari 21 lah, semuanya kembali ke angka 1. INGAT-INGAT INI YA!

21st : twenty first

22nd : twenty second

23rd : twenty third

24th : twenty fourth. Dan seterusnya.

30th : thirtieth

32nd : thirty second

40th : fortieth (Ingat! “u” nya ga ada untuk “forty”)

50th : fiftieth (Ingat! Bukan “Fivetieth” atau “fivety”)

99th : ninety ninth (Pokoknya ingat! ^^)

100th : one hundredth

101st : one hundredth and first (atau “a hundred and first”)

1010th : one thousand and tenth

1221       : one thousand, two hundreds and twenty first

Jelas? ^^

Belum?^^’

Mari kita ke contoh :

Kucai stopped working in that magazine on the 19th week he had worked.

This is the 44th (forty fourth) hand out I’ve made for you!

For the 121st (a hundredth and twenty first time), can you please pick up your jacket?

Bisa kamu baca perbedaannya? Kalau sebatas first sampai tenth biasanya dituliskan lengkap, ga dijadikan angka berindeks gitu. Tapi kalau dah mulai sebelas ke atasnya, ditulisin pake angkanya.

Jangan lupa pula, setiap ordinal number yang tidak ditambah “ly”,  HARUS ada article “a/an” atau “the” .

Ex :

First of all, I don’t act like that.

Secondly, I didn’t ask you to act like this.

And the third, you and I are extremely different to act like you dreamt. (PS : sebenarnya lebih baik seragam, kalau satu pake “the” yang lain pake “the” semua)

Selain itu, bila ada pronoun di depan ordinal numbers-nya, kita tidak perlu menambahkan “the”. Penjelasannya begini :

Lita is the first love of mine.

Or : Lita is my first love. (Ga ada “the”, kan?  )

“first” itu adalah lawan dari “last”. Jelasnya gini :

Rita may not be my first love, but she’ll be the last one.

Nobody remembers the man who ever came last.

Nah? So how is it? Jelas, ga? Jadi begitulah kira-kira cara menuliskan ordinal numbers dengan baik, benar, dan pas. Semoga bermanfaat ya teman, maaf kalo masih ada yang salah tolongsepuh commen ya

Wassalam..

Source : catatan kuliah UNIKOM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s